Jumat, 12 November 2010

hasil wawancara with musisi jazz

1. Menurut gw perkembangan jazz di indonesia dilihat dari sisi industri panggung & rekaman adalah berkembang pesat secara simultan. Pembuktiannya adalah bisa dilihat dari semakin banyaknya musisi2 jazz yang mengeluarkan album rekaman bergenre jazz, dan munculnya label2 rekaman berskala nasional ( Demajors ) yang rata2 mengedarkan musik2 bergenre jazz.. Kalau diliat dari industri panggung justru industri ini lebih menggeliat setelah banyaknya event2 kecil sampai besar yang mengusung genre ini. ( Jak Jazz Festival, Java Jazz Festival ). Malah sekarang Java Jazz Festival sudah diakui dunia sebagai ajang Festival Jazz terbesar di dunia.

2. Yang lebih hidup mungkin bisa dibilang industri panggungnya dahulu. karena musisi2 jazz indonesia blom semua mempunyai kesempatan untuk menghasilkan karya berupa album. tetapi mereka sudah cukup terkenal diajang2 panggung berskala nasional dan international.

3. Yang menyebabkan berkembangnya jazz di indonesia adalah banyaknya event2 besar bergenre jazz sehingga banyak pencinta musik yang mulai dapat menikmati musik ini dan juga disertai perkembangan teknologi informasi yang cepat ( jaringan internet ) yang dapat diakses langsung untuk melihat lebih luas ttg musik bergenre ini. Satu hal lagi dikarenakan sekarang sekolah2 musik baik kursus maupun setaraf institusi yang lebih mengajarkan dan mengembangkan genre ini.

4.Musisi yang berpengaruh dalam industri ini diantaranya adalah, Ireng Maulana dengan mempelopori Jak Jazz nya yang sudah dimulai terlebih dahulu. juga musisi2 legendaris indo seperti bubi chen, jak lesmana, indra lesmana, dll, dan EO yang berpengaruh dalam industri ini sebagai contoh adalah Java Festival ( Java Jazz Festival ), dll.

5. Hambatan dari Industri ini adalah bisa dibilang hanya kecil, karena justru industri ini semakin cepat berkembangnya. Hanya industri rekamannya saja yang mungkin masih kurang berkembang ( penjualan cd menurun drastis terutama bergenre musik seperti ini, dikarenakan sekarang sudah memasuki era open source yang dgn mudah org2 dapat memiliki karya musik dalam bentuk digital memalui internet ) Dan ini tidak dapat dihindari, karena hal ini sudah terjadi bukan hanya di Indonesia, tetapi sudah berskala international.

6. Memajukan Industri ini supaya lebih baik lagi adalah dengan mempertahankan bahkan lebih mengembangkan industri panggung seperti yang sudah ada ( Jak Jazz Festival & Java Jazz Festival ) sehingga melalui event besar seperti ini akan memotivasi musisi2 muda untuk regenerasi.. Dan juga dukungan media elektronik ( TV ) untuk lebih sering memutar video2 musik bergenre ini, tdk selalu memutar video musik yang mainstream saja. ( contoh saja National Geo Music Channel yang memutar video2 musik semua genre tanpa terkecuali. dan berkualitas!!

7.Peran pemerintah tentunya ada. Seperti pemerintah daerah Jakarta sebagai contoh yang mendukung terselenggaranya ajang2 Musik Festival berskala International.. Bahkan Ajang seperti ini secara tidak langsung juga menjadi sarana mempromosikan Indonesia dimata dunia. Juga pemerintah mendukung musisi indo bergenre jazz berkolaborasi dengan musisi daerah untuk tampil di ajang2 Festival musik luar negri.

8.Pastiii.. Justru dengan kolaborasi ini menjadi daya tarik tersendiri. Orang2 luar yang mungkin mengenal musik jazz lebih dahulu dari kita, tapi dengan kolaborasi yang unik ini akan menjadi sesuatu yang berbeda dari yang mereka biasa dengar.Dan tentunya musik etnik Indonesia mempunyai keragaman yang sangat banyak sehingga menjadi keuntungan tersendiri bagi indonesia untuk mengenalkan budaya kita melalui musik yang mereka kenal yaitu Jazz.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar